Turunnya Loyalitas Karyawan

by 00.21 2 komentar
turunnya loyalitas karyawan

Loyalitas dapat didapatkan dari seorang karyawan namun loyalitas tersebut akan begitu saja hilang dengan mudahnya dari karyawan pada perusahaan. Apakah mempertahankan loyalitas karyawan lebih sulit daripada mendapatkannya? Menurut saya lebih sulit mempertahankan loyalitas seorang karyawan dibandingkan mendapatkannya walau sebenarnya kedua-duanya sama-sama sulit. Mungkin dengan memberikan sallary yang cukup besar atau fasilitas yang memadai akan bisa mendatangkan loyalitas seorang karyawan tetapi hanya dengan beberapa faktor (kecil) saja loyalitas tersebut akan begitu saja hilang.

Terdapat tiga faktor yang dapat menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan sesuai dengan pengertian loyalitas, yakni :

1. Faktor Rasional
    Faktor rasional turunnya loyalitas karyawan mengacu pada hal-hal yang dapat dijelaskan secara logis. Faktor-faktor rasional yang menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan sesuai dengan pengertian loyalitas antara lain gaji, bonus, jenjang karir, dan fasilitas-fasilitas yang diberikan perusahaan kepada karyawan.

2. Faktor Emosional
    Faktor emosional turunnya loyalitas karyawan mengacu pada hal-hal yang menyangkut perasaan atau ekspresi diri. Faktor-faktor emosional yang menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan sesuai dengan pengertian loyalitas antara lain pekerjaan yang dinilai kurang menantang, lingkungan kerja yang tidak kondusif, perasaan was-was terhadap keberlangsungan hidup perusahaan, ketidakcocokan karyawan dengan pemimipin, pekerjaan yang dinilai tidak prestige, serta kurangnya penghargaan perusahaan terhadap prestasi kerja karyawan.

3. Faktor Kepribadian
    Faktor kepribadian sebagai penyebab turunnya loyalitas karyawan mengacu pada hal-hal yang sifat pribadi karyawan. Faktor-faktor kepribadian  yang menjadi penyebab turunnya loyalitas karyawan sesuai dengan pengertian loyalitas antara lain adalah sifat mudah bosan dan ketidakcocokan karyawan dengan budaya kerja di suatu perusahaan.

Klik Disini

Indikasi-indikasi turunnya loyalitas karyawan :

1. Rendahnya Produktivitas Kerja
    Indikasi pertama turunnya loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan adalah adanya penurunan produktivitas kerja karyawan, Penurunan ini dapat diukur dengan membandingkan produktivitas kerja saat ini dengan produktivitas pada waktu sebelumnya. Beberapa hal penyebab turunnya produktivitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan antara lain karena adanya kemalasan atau sikap karyawan yang cenderung menunda-nunda pekerjaan.

2. Tingkat Absensi yang Naik
    Ketika loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan menurun, biasanya karyawan akan malas untuk datang ke tempat kerja. Hal ini dapat dideteksi dengan naiknya jumlah absen karyawan dibandingkan dengan jumlah absen di bulan-bulan sebelumnya.

3. Tingkat Perpindahan Buruh yang Tinggi
    Tingkat perpindahan atau keluar masuknya karyawan yang tinggi mengindikasikan adanya sesuatu yang salah pada suatu perusahaan. Banyaknya karyawan yang merasa tidak cocok bekerja di perusahaan tersebut menandakan jika sistem manajemen perusahaan tidak sesuai dengan sistem yang diharapkan oleh karyawannya. Tingkat perpindahan karyawan yang tinggi akan merugikan pihak perusahaan karena dapat menurunkan produktivitas kerja dan dapat memengaruhi secara langsung kelangsungan hidup perusahaan tersebut.

4. Muncul Kegelisahan
    Loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan yang menurun dapat menimbulkan munculnya kegelisahan di kalangan para karyawan. Seorang pemimpin semestinya peka terhadap isu dan kegelisahan-kegelisahan yang muncul di kalangan para karyawan. Dengan mengetahui keluh kesah karyawan, seorang pemimpin dapat mencegah turunnya loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan di sebuah perusahaan.

5. Tuntutan yang Sering Terjadi
    Tuntutan yang sering terjadi dari kalangan karyawan sebenarnya adalah bentuk perwujudan dari ketidakpuasan karyawan terhadap perusahaan. Pada tahap tertentu, ketidakpuasan tersebut akan memunculkan keberanian karyawan untuk mengajukan tuntutan kepada perusahaan tempatnya bekerja.

6. Pemogokan Kerja
    Wujud paling ekstrem dari penurunan loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan kepada perusahaan adalah terjadinya pemogokan kerja. Apabila karyawan merasa suaranya tidak lagi didengar, maka ketidakpuasan mereka akan memuncak dan akhirnya menimbulkan munculnya gerakan mogok kerja.

Loyalitas karyawan dapat begitu saja datang pada seorang karyawan tapi dapat juga hilang begitu saja. Namun demikian ada beberapa cara dalam mengatasi penurunan loyalitas karyawan.

Penurunan loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan bukan berarti akhir bagi hubungan karyawan dan perusahaan tempatnya bekerja. Sebuah perusahaan dapat mengatasi penurunan loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan dengan mewujudkan harapan-harapan serta memenuhi kebutuhan-kebutuhan para karyawan yang sempat terabaikan sebelumnya. Beberapa cara mengatasi penurunan loyalitas kerja sesuai dengan pengertian loyalitas karyawan antara lain :

- Memberikan gaji yang cukup
- Memberikan kebutuhan rohani
- Sesekali perlu menciptakan suasana santai
- Menempatkan karyawan pada posisi yang tepat
- Memberikan kesempatan pada karyawan untuk maju
- Memperhatikan rasa aman untuk menghadapi masa depan
- Mengusahakan karyawan untuk mempunyai loyalitas. Sesekali mengajak karyawan berunding
- Memberikan fasilitas yang menyenangkan

Sangkyu sudah baca... Turunnya Loyalitas Karyawan

Silahkan komen dan lihat-lihat post lainnya di rizkidrpl01.blogspot.com Jangan lupa share juga ya... XD :D
Source:
- Ciputrauceo.net

Rizki Darmawan

Developer

Mengisi Ketidak kosongan waktu yang sedang berjalan.
Ingin berbagi dan bersosialisasi di jaringan sosial, internet. Yuk ngabuburit! ahahaa XD Nyambil baca-baca post RD Programming (Y)

2 komentar:

  1. Pembahasan yang menarik!
    Saya sendiri seorang karyawan. Barangkali, menurut saya untuk mendapatkan atau mempertahankan loyalitas seorang karyawan itu susah-susah gampang. Cukup perlakukan karyawan sebagaimana mestinya, perhatikan mereka, berikan apa yang menjadi haknya dan sesekali beri apresiasi terhadap tugas yang sudah mereka selesaikan dengan baik.

    Terkadang perhatian-perhatian kecil di luar pekerjaan semisal mengingat dan memberikan selamat di hari ulang tahunya, membicarakan hal santai/lucu bersama, atau membuatkan kopi saat karyawannya lembur akan membuat seorang karyawan merasa dihargai dan diperhatikan. Hal baiknya, saat karyawan merasa diperlakukan dengan baik, karyawan merasa nyaman saat bekerja dan akan menaruh hormat kepada atasannya. Kemudian loyalitas pun akan muncul pada diri karyawan tersebut.

    #curcol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya dihaturkan thankyu untuk agan Ekky Ardian... :D/
      Yaps! (Y) 11,12 sama 'pedekate' ya Gan? Asal niatnya gak 'pedekate' aja hehe

      Hapus