Fungsi Mesin Pencari Google Selain Sebagai Search Engine

by 02.59 1 komentar
Fungsi mesin pencari google selain sebagai search engine

Google.co.id, siapa sih yang nggak mengetahui mesin pencarinya Google? Pengen beli barang murah, pengen pintar dalam sedkjatp, atau galau cuma pengen nyari-nyari sesuatu... Jawabnya adalah Mbah Google aja! hohoho XD
Yaps! Di mesin pencari google atau istilahnya adalah Search Engine, kita bisa mengetahui apa saja informasi yang ingin kita ketahui. Mencari apapun..??! Yaaaaa apaaaaapuuunnnn XDD

Kalau saya biasanya menggunakan google sehari bisa... 10 atau bahkan puluhan kali :D. Zaman sekarang sudah sangat dimudahkan dengan adanya Google. Asalkan punya perangkat yang mendukung browser dan koneksi internet kita sudah bisa berselancar data dari dan ke seluruh negeri. #prok #prok #prok
Harusnya anak sekarang sudah tidak risau dengan data dan materi pembelajaran, mesin pencari google bisa dijadikan referensi untuk belajar dan menambah wawasan anak negeri. Namun, tentu juga dengan pandai memilih dan memilah isi/data. Selain nilai positifnya yang segudang tentu juga banyak point negatifnya. So, gunakanlah dengan bijak (Y) :D (biar lebih barokah).

Ketika kita melakukan pencarian data/informasi di mesin pencari google, kita harus pandai-pandai menentukan kata kunci (keyword). Tentu saja karena namanya juga 'mesin' pencari, maka mesin pencari google tidak serta otomatis menyuguhkan apa yang ingin kita ketahui hanya melalui teks biasa (plain text). Dengan menggunakan algoritma tertentu mesin pencari google akan menggunakan kata kunci (keyword) yang berbobot yang sudah kita ketikkan untuk menghasilkan informasi yang berbobot pula. Maksudnya keyword yang berbobot adalah tidak rancu, sesuai dengan EYD, dan bahasa yang memang sering digunakan sehari-hari.

Mesin pencari google ini sebenarnya tidak hanya digunakan untuk mencari informasi plain text berupa artikel, video, gambar, atau tutorial dari sebuah blog/artikel. Bisa dibilang multi search engine karena hanya dengan satu textbox kita bisa menemukan informasi yang tidak begitu sesuai keyword tapi hasil pencarian yang full informed.
Berikut fungsi mesin pencari google selain sebagai search engine :

Klik Disini

1. Kalkulator
Fungsi Google Calculator lebih canggih dari yang diketahui banyak orang. Selain mampu mengerjakan matematika dasar, seperti 5 + 6 atau 3 x 2, Google Calculator juga mampu mengerjakan kalkulasi logaritma seperti e, pi, Cos, Sin, dll. Selain itu, Google Calculator juga mampu menerjemahkan binary code. Coba saja ketikkan “12*3 in binary” pada kolom search Google.
Fungsi mesin pencari google selain sebagai search engine
Gambar: google kalkulator

2. Pencari Situs
Dengan menggunakan kata kunci “site:” kita dapat membuat Google untuk hanya mencari dan mengeluarkan hasil hanya dari satu website saja. Coba saja ketikkan “site:rizkidrpl01.blogspot.com Pokemon” maka yang akan muncul hanyalah segala berita tentang pokemon dari website ini.
Fungsi mesin pencari google selain sebagai search engine
Gambar: google pencari situs
3. Konversi
Konversi mata uang dan konversi unit dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan mengetikkan kata kunci <jumlah> <unit1> <unit2> pada kolom search. Contohnya kita dapat mengetikkan “1 USD in Rp”, “20 C in F”, atau “15 inch in cm” maka kita akan mendapatkan hasil secara instan.
Fungsi mesin pencari google selain sebagai search engine
Gambar: google konversi
4. Waktu Setempat (time zone)
Cukup mengetikkan “time in <tempat>” maka kita akan mendapatkan waktu setempat di tempat tersebut sekaligus dengan zona waktu yang digunakan di tempat tersebut.
Fungsi mesin pencari google selain sebagai search engine
Gambar: google time zone
5. Google Terjemahan (translate)
Cara paling cepat untuk menterjemahkan kata asing cukup dengan mengetikkan “translate <kata> to <bahasa>” sebagai contoh “translate apfel to english” maka akan muncul hasil apple. “translate apple to indonesian” maka akan muncul hasil apel (buah apel).
Fungsi mesin pencari google selain sebagai search engine
Gambar: google terjemahan
6. Mengecek Status Penerbangan
Jika kita telah mengetahui nomor penerbangan, kita bisa mengecek informasi detailnya. Contohnya dengan mengetikkan “BA335” maka akan muncul status penerbangan British Airways dengan nomor penerbangan 335 dari Paris jam 15.45 dan akan tiba di Heatrow Terminal 5 pada jam 15.48 waktu setempat.
Fugnsi mesin pencari google selain sebagai search engine
Gambar: google mencari status penerbangan
7. Mengecek Film yang ditayangkan di Bioskop
Dengan mengetikkan “film” atau “movie” diikuti dengan kodepos setempat maka akan menunjukkan daftar film yang sedang diputar di bioskop-bioskop setempat. Sayangnya untuk di Indonesia sendiri fitur ini belum bisa diterapkan.

8. Prakiraan Cuaca
Cukup dengan mengetikkan nama kota diikuti dengan “forecast” maka Google akan menampilkan prakiraan cuaca selama satu hari termasuk dengan kelembaban udara dan kecepatan angin. Prakiraan cuaca ini termasuk dengan cuaca selama satu minggu berdasarkan data dari weather channel.
Fungsi mesin pencari google selain sebagai search engine
Gambar: google prakiraan cuaca
9. Data Publik
Untuk melihat tren dan data populasi penduduk atau tingkat pengangguran di salah satu kota atau daerah kita dapat menggunakan kata kunci “population <kota>”atau “unemployment rate <kota>”.

10. Tracking Paket
Bagi orang yang sering melakukan bisnis secara online dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengetahui paket kirimannya apakah sudah sampai atau belum. Cukup mengetikkan tracking number yang terdapat pada paket maka Google akan menampilkan hasil disertai dengan website paket yang bersangkutan.

11. Mini Games
Cukup ketikkan “do a barrel roll” pada kolom search maka sebuah animasi tampilan layar yang akan berputar. Atau ketikkan “zerg rush” untuk memainkan sebuah mini games.
Fungsi mesin pencari google selain sebagai search engine
Gambar: google mini games


Sangkyu sudah baca... Fungsi Mesin Pencari Google Selain Sebagai Search Engine
Silahkan komen & lihat-lihat post lainnya di rizkidrpl01.blogspot.com :D Jangan lupa share juga ya... XD :D
Rujukan:
- chip.co.id

Rizki Darmawan

Developer

Mengisi Ketidak kosongan waktu yang sedang berjalan.
Ingin berbagi dan bersosialisasi di jaringan sosial, internet. Yuk ngabuburit! ahahaa XD Nyambil baca-baca post RD Programming (Y)

1 komentar:

  1. Salam kepada semua orang, Allah pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu ini yang mencuri uang kita dengan menyamarkan uang pinjaman kepada kita, mereka datang dengan segala bentuk ucapan manis seperti memberi pinjaman dengan tingkat bunga rendah 2%, semuanya scam kecuali Ibu yang baik. Rossa Stanley perusahaannya adalah satu-satunya pemberi pinjaman sejati dan sejati yang meminjamkan dengan tingkat bunga 2%, inilah ceritaku, nama saya annisa dari bali pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman itu tidak bisa didapat dari internet, itu mungkin dan saya adalah penerima pinjaman internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman yang sebenarnya. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak kreditor scam saya awalnya skeptis, namun memutuskan untuk mencoba dan melihat kembali ibu Rossa menyetujui permintaan pinjaman saya dan saya telah mengkreditkan pinjaman saya dengan tepat Rp150.000.000,00 ke Rekening BCA saya, saya harus mengakui ketika mendapat uang, saya terkejut dan Masih kaget sampai tanggal, meski ada beberapa yang menolak karena tidak bisa memenuhi syarat pinjaman. Tapi saya dikabulkan karena keseriusan dan ketegaran saya, banyak yang akan menghubungi ibu rossa tanpa menjawab dan ketika pinjaman mereka dibatalkan, mereka akan memohon kepada ibu rossa tapi bagi saya saya serius dan memantau hal-hal dan sebelum saya mengetahuinya, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana saya menunjukkan penghargaan untuk mengeluarkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan dia meminta agar saya membagikan berita tersebut kepada semua orang di sekitar saya di Bali, dan hari ini saya memutuskan untuk menuliskannya di sini sehingga orang tidak akan jatuh pemberi pinjaman palsu yang menuntut biaya pendaftaran, tuntutan ibu hanya untuk keseriusan dan rasa hormat Anda dan pinjaman Anda akan ada di rekening bank Anda dan sekali lagi saya mengatakan bahwa ALLAH memberkati perusahaan pinjaman rossa stanley untuk hal ini baik untuk orang-orang di benua ASIA dan UNITED NATIONS (PBB) untuk mendukungnya, Anda bisa menghubungi pusat layanan pelanggan rossa stanley dengan menulis layanan pelanggan melalui surat Rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda ragu dan perlu klarifikasi mengenai apapun atau isu merasa bebas untuk menulis saya annisaberkarya@gmail.com atau suami saya agungabdullahi@gmail.com Saya melakukan dengan sangat baik dalam bisnis restoran saya, dan membayar cicilan pinjaman saya pada saat jatuh tempo, ibu Rossa benar-benar Allah dikirim ke Dunia ini.

    BalasHapus