Menentukan Keyword untuk Mencari di Pencarian Google dengan Benar

by 07.29 0 komentar
Menentukan keyword untuk mencari di pencarian google dengan benar
Sebenarnya cukup mudah untuk melakukan googling (pencarian) pada mesin pencari Google. Cukup dengan mengetikkan kata kunci (keyword) sebanyak-banyaknya maka Google akan memproses data berdasarkan kata kunci (keyword) yang Anda masukan. Mudah bukan? Terlebih lagi Google menggunakan fungsi/fitur autocomplete yang akan menampilkan kemungkinan keyword yang akan Anda gunakan yang pernah orang lain gunakan juga dalam mencari informasi. Namun, hal tersebut tidak menjamin menghasilkan informasi yang akurat yang sesuai dengan kebutuhan dan kemauan Anda. #GoogleJugaMesin XD

Bagaimana menghasilkan informasi yang sesuai, relevean, akurat, dan mendekati yang Anda cari? Apakah Google mampu?

Dengan memahami beberapa logika sederhana yang dipakai Google dalam pencarian, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih efektif dan efisien sesuai kriteria yang Anda cari.

1. Pemilihan Urutan Kata Kunci atau Keyword
Apakah dengan urutan kata kunci yang kita ketikkan akan berpengaruh? Atau sama saja...
Hal pertama yang kita bahas adalah urutan kata kunci, misal  Anda mau mencari atau mendownload aplikasi Photoshop, maka kata kunci yang mungkin Anda ketikkan adalah :


Silahkan bandingkan dengan


Ketika kita tela'ah, dan mencari apa perbedaannya, yang didapat salah satunya (kadang) indexing google berubah tadinya pencarian pertama index pertama adalah website A dengan postingan Lorem Ipsum Dolor A ketika pencarian kedua index pertama menjadi website B dengan postingan Lorem Ipsum Dolor B. Lebih spesifik lagi kita lihat about and result yang dihasilkan google pencarian yang terletak di bawah tab pencarian google sebelum hasil index pertama.

Untuk pencarian pertama menghasilkan :
Hasil Pencarian Pertama Download Photoshop
Hasil Pencarian Pertama Download Photoshop










Untuk pencarian kedua menghasilkan :
Hasil Pencarian Kedua Photoshop Download
Hasil Pencarian Kedua Photoshop Download










*Hasil pencarian dapat berbeda-berbeda.

Dari hasil pencarian tersebut, kita dapati result pada pencarian pertama 0.45 seconds sedang pada pencarian kedua result (0.36 seconds). Menunjukan bahwa pencarian menggunakan kata kunci kedua lebih cepat dibandingkan menggunakan kata kunci pertama. Berarti urutan pemilihan kata kunci dapat mempersingkat durasi pencarian, karena mencari dengan kata kunci yang spesifik dapat mempermudah dan lebih cepat dalam Google memproses data dibandingkan dengan kata kunci yang lebih umum atau jamak.

Memilih urutan kata kunci dilakukan dengan sesuatu yang spesifik terlebih dahulu atau objek yang ingin dicari, kemudian dilanjutkan dengan kata kerja atau keterangan lainnya. Seperti contoh di atas, kata photoshop dahulu, baru kemudian kata download setelahnya.

Contoh misalkan Anda ingin mencari atau mendownload MS. Word 2013, maka urutan kata kunci yang dianjurkan seperti berikut :


2. Klasifikasi Pencarian
Kedua yaitu kenali dan identifikasi apa yang sebenarnya ingin Anda cari untuk menggunakan metode atau operator yang lebih tepat.
Jika Anda ingin mencari ungkapan, ucapan seorang tokoh, pribahasa, istilah-istilah, puisi, ataupun pantun, gunakanlah tanda kutip (" ") dalam pencarian.


Jika Anda ingin mencari definisi dari sebuah istilah, maka gunakan operator define bukan "pengertian*".


3. Gunakan Tools yang Sesuai
Google mempunyai berbagai macam fitur, bahkan di dalam google search sendiri ada tab-tab-nya. Jika Anda mau mencari informasi dari sebuah website atau halaman web maka gunakanlah Google Search (default dari google pencarian).

Baca juga: Fungsi Mesin Pencari Google Selain Sebagai Search Engine

Jika Anda mau mencari gambar-gambar, silahkan pilih tab Image/Gambar pada google search image.
Jika Anda mau mencari video silahkan pilih tab videos atau ke Youtube.
Jika Anda mau mencari lokasi (lebih detail), gunakan Google Map atau Google Earth.
Jika Anda mau mencari suatu blog gunakanlah Google Blogsearch.

Silahkan cari dan dalami sendiri fitur-fitur Google yang lainnya... supaya Anda lebih mengenal Google lebih dekat XD :D

Sangkyu sudah baca... Menentukan Keyword Untuk Mencari Di Pencarian Google Dengan Benar
Silahkan komen & lihat-lihat post lainnya di rizkidrpl01.blogspot.com :D Jangan lupa share juga ya... :D
Rujukan:
-googlebasic.blogspot.co.id

Rizki Darmawan

Developer

Mengisi Ketidak kosongan waktu yang sedang berjalan.
Ingin berbagi dan bersosialisasi di jaringan sosial, internet. Yuk ngabuburit! ahahaa XD Nyambil baca-baca post RD Programming (Y)

0 komentar:

Posting Komentar