Operator Pencarian Google Bagian 2

by 08.30 3 komentar
Operator Pencarian Google Bagian 2
Sebelumnya telah dibahas mengenai operator pencarian google bagian 1 lihat disini. Sekarang saya akan menambahkan beberapa operator yang juga digunakan agar hasil pencarian pada google pencarian atau search engine lebih spesifik dan "menjurus" lagi.. XD :D/

Yuk langsung aja, ini nih operator-operator yang bisa digunakan :

1. Menggunakan Operator site:(url)
Operator ini digunakan untuk menampilkan semua halaman yang ada pada situs tertentu. Tentu saja situs yang dilindungi oleh robot tertentu tetap akan dilindungi dan tidak ditampilkan pada hasil pencarian google. Lihat contoh :


2. Menggunakan Operator inanchor dan allinanchor
Operator ini digunakan untuk membatasi hasil pencarian yang spesifik berdasarkan anchor (link) teks yang menuju halaman tersebut. Inanchor dan allinanchor berfungsi sama saja, bedanya allinanchor digunakan untuk lebih dari satu kata. Misal kita ingin mencari data spesifik berdasarkan kata tertentu yang me-link ke halaman tertentu. Operator ini biasa digunakan untuk melihat data kata kunci atau keyword yang sering atau yang banyak digunakan dalam pencarian. Lihat contoh :


3. Menggunakan Operator inurl dan allinurl
Operator ini digunakan untuk melakukan pencarian data domain atau url berdasarkan kata kunci tertentu. Misal kita ingin mencari domain atau url dengan kata "rizki" (tanpa tanda petik) maka dapat menggunakan inurl begitu pun jika kita ingin mencari domain atau url berdasarkan beberapa kata kunci tertentu dapat menggunakan operator allinurl. Lihat contoh berikut :


4. Menggunakan Operator cache
Operator ini digunakan untuk melihat tampilan halaman berdasarkan cache dari Google terakhir kali googlebot mengunjungi situs tersebut. Dengan mengetikkan cache:http://rizkidrpl01.blogspot.co.id/ maka Google akan menampilkan halaman cache dari situs rizkidrpl01.blogspot.com. Situs cache ini adalah situs sebenarnya tetapi versi dari googlebot dan biasanya tidak "update" karena berupa data lampau. Akan lebih terlihat terutama dari sisi desain website ketika website tersebut mengalami perubahan tampilan.

5. Menggunakan Operator filetype
Operator ini digunakan ketika kita ingin mencari data yang spesifik pada jenis file. Misal kita ingin mencari data jurnal dengan jenis file .pdf atau .docs berdasarkan kata kunci tertentu maka dapat menggunakan operator filetype. Lihat contoh berikut :


6. Menggunakan Operator info, dan
7. Menggunakan Operator link:

Sangkyu sudah baca... Operator Pencarian Google Bagian 2
Silahkan komen dan lihat-lihat post lainnya di rizkidrpl01.blogspot.com :D Jangan lupa share juga ya.. :D
Rujukan:
-trikmudahseo.blogspot.com
-dhyean.blogspot.co.id

Rizki Darmawan

Developer

Mengisi Ketidak kosongan waktu yang sedang berjalan.
Ingin berbagi dan bersosialisasi di jaringan sosial, internet. Yuk ngabuburit! ahahaa XD Nyambil baca-baca post RD Programming (Y)

3 komentar: