Operator Pencarian Google

by 07.07 0 komentar
Operator Pencarian Google
Sebelumnya kita mengetahui bagaimana menentukan keyword yang benar agar mesin pencarian google menghasilkan data yang sesuai pula. Namun untuk lebih spesifik Google menyediakan tools/alat yang bisa digunakan agar hasil yang diinginkan lebih spesifik lagi. Disebut sebagai "operator" atau aturan penulisan tertentu yang sudah ditetapkan oleh Google dalam melakukan pencarian sesuatu dengan lebih spesifik agar lebih "menjurus".

Berikut saya rangkum operator-operator pencarian google yang bisa digunakan dalam proses pencarian agar hasil pencarian lebih spesifik :

1. Menggunakan Operator " " (Tanda Kutip Ganda)
Digunakan untuk melakukan pencarian dengan susunan kata yang lengkap. Sebelumnya telah dibahas bahwa Google melakukan pencarian berdasarkan per kata, dan atau per kalimat. Dengan kita menambahkan operator kutip ganda pada kata atau kalimat maka hasil pencarian akan menampilkan yang sesuai dengan kata atau kalimat tersebut (yang didalam kutip) persis sama.

Sebagai contoh:
Lakukan pencarian tanpa kutip ganda.

Lakukan pencarian dengan tanda kutip ganda ("").

Lihat perbedaan hasil. Pencarian tanpa kutip ganda, hasil pencariannya lebih menyebar terutama terlihat ketika semua penggalan kata tersebut sebenarnya kata dalam bahasa inggris, dan hasilnya pun akan lebih banyak pada situs-situs berbahasa inggris. Sedangkan ketika menggunakan tanda petik ganda, hasil pencarian lebih fokus dan menghasilkan situs-situs dengan kata/kalimat kunci yang sama persis baik itu dari situs yang berbahasa inggris atau pun berbahasa indonesia karena orang-orang Indonesia pun terbiasa menggunakan kalimat tersebut.

2. Menggunakan Operator .. (Titik-Titik atau Double Titik)
Digunakan dalam mencari data range. Misalnya kita ingin mencari data pada pencarian google yang berbentuk range tahun. Lihat contoh :


3. Menggunakan Operator - (Tanda Kurang/Minus)
Digunakan untuk melakukan pencarian data di google pencarian yang lebih spesifik yaitu ketika kita ingin mencari data/kata/kalimat tetapi dengan tanpa sebuah kata tertentu. Misal kita ingin mencari data handphone android, maka akan muncul semua handphone android dengan berbagai merk, tetapi ketika kita ingin menampilkan data tanpa merk tertentu agar lebih terfokus maka dapat menggunakan tanda kurang(-) tersebut. Lihat contoh :

Bandingkan hasilnya dengan pencarian tanpa tanda kurang/minus.


4. Menggunakan Operator ~ (Tanda Ekuivalen)
Digunakan untuk melakukan pencarian pada kata-kata yang memiliki ekuivalen atau kesamaan. Misal kita ingin mencari kata/kalimat teh panas tetapi juga ingin mencari teh hangat, dapat menggunakan tanda ekuivalen pada kata panas. Lihat contoh :

Google akan melakukan pencarian dengan kata tersebut sekaligus mencarikan kata yang ekuivalen dengan kata panas.

5. Menggunakan Operator | (OR)
Digunakan untuk melakukan pencarian dengan beberapa kata tanpa memuat keduanya atau hanya akan menampilkan situs yang memuat salah satu kata tersebut. Misalnya kita ingin mencari data dengan kata berbagi, informasi tanpa gabungan kata keduanya.


6. Menggunakan Operator AND
Secara default Google melakukan pencarian dengan menggunakan operator AND dalam setiap kata yang kita ketikkan pada form pencarian google. Operator ini akan menghasilkan data yang mengandung kata tertentu atau gabungan dari kata tersebut atau disebut juga sebagai kalimat.

Hasil dari pencarian tersebut yaitu situs yang menggunakan kata tersebut atau yang mengandung kalimat tersebut.

7. Menggunakan Operator * (Bintang)
Digunakan untuk melakukan pencarian data yang bebas. Sebagai contoh kita ingin mencari data dengan awalan kata "operator" (tanpa tanda petik) tetapi kita lupa dengan kata/kalimat berikutnya maka kita dapat menggunakan operator bintang tersebut. Kemungkinan hasilnya akan menampilkan kalimat dengan kata operator kemudian diikuti dengan kata bebas misal operator pencarian google, operator matematika, operator pemrograman java, dan lain sebagainya.


Baca Juga : Operator Pencarian Google Bagian 2

Sangkyu sudah baca... Operator Pencarian Google Bagian 1
Silahkan komen dan lihat-lihat post lainnya di rizkidrpl01.blogspot.com :D Jangan lupa share juga ya.. :D
Rujukan :
-trikmudahseo.blogspot.com
-dhyean.blogspot.co.id

Rizki Darmawan

Developer

Mengisi Ketidak kosongan waktu yang sedang berjalan.
Ingin berbagi dan bersosialisasi di jaringan sosial, internet. Yuk ngabuburit! ahahaa XD Nyambil baca-baca post RD Programming (Y)

0 komentar:

Posting Komentar